Thursday, April 24, 2014
Breaking News
Home » Mesin fotocopy » Tips Merawat Mesin Fotocopy

Tips Merawat Mesin Fotocopy

Cara merawat mesin fotocopy

tips merawat mesin fotocopyMesin fotocopy perlu mendapatkan perawatan berkala dan teratur agar masa pakainya bisa lebih awet serta menjaga agar kondisi komponen yang terdapat didalamnya bisa bekerja lebih maksimal serta awet. Salah satunya adalah bagian DRUM, consumable part yang satu ini memang perlu mendapatkan perawatan yang khusus karena bagian ini merupakan bagian yang sangat vital dan harganya juga tidak murah. Untuk kali ini kita akan membahas bagaimana cara pencegahan atau perawatan spare part drum fotocopy agar lebih awet, khususnya adalah untuk mesin-mesin type besar seperti Canon iR5000 atau Canon iR6570. Tindakan apa saja yang perlu kita lakukan agar terhindar dari kerusakan yang fatal baik itu kesalahan dari kelalaian operator maupun dari sisi perawatan berkalanya.

Tips merawaat mesin fotocopy

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar umur drum anda lebih awet masa pakainya dan ini bisa anda lakukan sendiri.

  • Rajin mengganti wire corona baik itu di bagian atas atau yg biasa disebut primary maupun yang di bagian transfer ( bawah ), jika wire atau senar yang terbuat dari bahan kawat kuningan ini sudah terlihat berwarna hitam sebaiknya anda menggantinya. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya konslet yang dapat menimbulkan bintik pada DRUM. Penggantian ini tidak harus berpatokan pada waktu, misalnya 1 minggu sekali tetapi berpatokan pada banyaknya proses copy yang terjadi dan bisa dilihat dari indikasi warna wire yang berubah kehitaman. Jika kondisi masih bagus anda bisa membersihkan saja dengan cairan alkohol 90% ataupun dengan tiner.
  • Hindari tekukan pada senar wire yang baru anda ganti, usahakan jika anda mengganti senar wire jangan sampai terdapat tekukan sekecil apapun karena hal ini bisa memicu terjadinya shoot tegangan antara arus drum dan tegangan yang dialirkan senar wire yang akan menghasilkan bintik pada permukaan DRUM fotocopy.
  • Membersihkan permukaan DRUM mesin fotocopy secara berkala baik itu menggunakan cairan khusus atau dengan sanpoly.
  • Melakukan pengecekan secara berkala pada bagian Clow ( kuku ) DRUM.
  • Hati-hati saat melepas bagian Developing, pada saat anda melepas bagian Developing mesin fotocopy atau tempat pelontar tinta sebaiknya anda jangan menaruh di sembarang tempat karena pada bagian Developing terdapat magnet Roll yang bisa menarik benda yang terbuat dati besi misalnya isi ( biji ) stapler, jika sampai ada benda yang ikut menempel pada bagian ini maka akan berakibat fatal karena benda asing ini akan ikut berputar dan memakan permukaan Drum fotocopy anda. Maka sebaiknya saat melepas bagian Developing berilah alas koran ataupun kertas.
  • Gunakan Cleaning Blade ( karet pembersih ) yang berkwalitas baik karena karet ini bersentuhan langsung dengan permukaan luar Drum anda.
  • Gunakan tinta atau toner yang sessuai dengan type mesin fotocopy anda dan kwalitasnya bagus, kwalitas bagus yang dimaksud disini adalah tidak harus original, pemakaian produk KW juga tidak masalah asalkan kwalitas komposisi dari toner tersebut bagus.
  • Hindari fotocopy kertas yang terlalu tebal dari bypass ( bagian samping ) karena jika kertas terlalu tebal akan menabrak permukaan DRUM mesin fotocopy anda.
  • Perhatikan pada saat fotocopy dari bypass ( bagian samping ) jangan sampai ada biji atau isi stapler yang ikut masuk.

Itulah beberapa tips yang bisa anda praktekkan agar DRUM pada mesin fotocopy anda selalu pada kondisi baik dan terhindar dari kesalahan-kesalahan yang bisa berakibat fatal. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda.